Thursday, March 30, 2006

Daur-Ulang-Pakai

membaca tulisan pakdhe Kere Kemplu di postingan terbarunya mengenai tas plastik sekali pakai atau dua kali pakai, gua jadi inget kalo si om yang punya kosan gua hobi banget mendaur ulang barang yang sekiranya masih bisa digunakan.
misalnya botol2 1,5 liter bekas Aqua atau coca cola dsb digunakan lagi sebagai tempat menampung air mentah buat masak (everybody does!)
kotak2 bekas kerdus roti ada aja yg dipake buat nyimpen entah apa itu.
yang pasti dikosan gua banyak banget barang2 bekas yg disimpen si om walau lama2 toh akhirnya cuma jadi sampah.
tapi si om cukup kreatif. misalkan ada sendal jepit yg putus, dibenerin lagi pake apa aja yg sekiranya bisa bikin itu sendal berfungsi kembali. kursi yg kakinya patah, ga langsung masup gudang tapi dibenerin juga. jadinya banyak barang2 ajaib dengan bentuk yang agak janggal soalnya si om ngebenerinnya suka2 dia. mu cocok apa engga yang penting itu barang berfungsi kembali.
gua yakin pasti banyak orang yg melakukan hal yang sama seperti bokap gua misalnya. suka sok kreatif. benerin ini itu, bikin ini itu. kadang gagal kadang berhasil.
begitu juga gua. masih suka mendaur-ulang-pakai(bahasanya gua) barang2. pake ulang plastik2. atau pake ulang kerdus bekas sepatu buat nyimpen apapapun.
tapi kalo dipikir2 daripada itu barang2 langsung dibuang kan kesannya mubazir, jadi setidaknya kan bisa dipakai dulu satu atau dua kali buat kegunaan lain.
tapi liat2 barangnya juga ya. masa' iya bungkus nasi padang mau dipakai ulang. atau plastik bekas ngebungkus ikan asin dipakai lagi buat ngebungkus roti. bau atuh!

1 Comments:

Anonymous osenk said...

wah...aku juga barusan nge-daur ulang pacar..pacar yang lama di perbaharuin lagi... she is back!! hulaaaaa

7:50 AM  

Post a Comment

<< Home